Nafsu Makan Semakin Berkurang Saat Kehamilan

Sharing is caring!

Nafsu Makan Semakin Berkurang Saat Kehamilan

Info YaYa – Ada beberapa gejala wanita mendapatkan nafsu makan semakin berkurang saat kehamilan termasuk perasaan umum seperti sakit, merasa mual, dan ingin muntah. Pada beberapa ibu yang sedang hamil lebih ekstra sensitif terhadap bau makanan, yang membuat mereka merasa mual dan mudah muntah. Sementara juga banyak yang lain merasakan rasa asam di mulut yang membuat tidak mau makan sedikitpun loh.

Dan bahkan juga beberapa ibu hamil tidak merasa seperti makan apa-apa dan bisa bertahan lama tanpa makan. Meski begitu itu akan dapat memicu resiko gangguan pada kesehataan ibu dan janin. Ibu hamil lainnnya seringkali mendambakan makanan tertentu saja sementara membenci juga makanan lain. Sedangkan juga sebagian ibu hamil lainnya suasana hati juga mempengaruhi kurangnya minat dalam makanannya. Karena hilangnya nafsu makan yang di miliki, ibu hamil mengalami penurunan berat badan di awal kehamilan yang di dapatnya.

Tentang ini juga di lakukan penelitian di, American Pregnancy Association Association lebih 50% dari ibu hamil menderita kehilagan nafsu makan dan mual selama tiga bulan pertama kehamilannya. Biasanya, gejala ini juga muncul di mulai sekitar minggu keenam kehamilan. Tapi bagi banyak wanita, gejala-gejala ini mulai berkurang sekitar minggu kedua belas yang datang. Di lain itu juga kehilangan nafsu makan bagi kebanykan wanita hanya terjadi selama tahap awal kehamilan dan dapat dikendalikan dengan perubahan perilaku selama masa kehamilan.

Ada Juga Rasa Kehilangan Nafsu Makan Selama Kehamilan

Morning sickness atau juga mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan slema 3 bulan pertama adalah gejala umum yang menjadi pengalaman bagi banyak ibu hamil. Ini adalah gejala normal pada awal kehamilan dan tidak ada alasan untuk khawatir. Kadang -kadang gejala melampaui tiga bulan pertama. Mereka biasanya bersifat sementara. Namun, apabila terjadi berkepanjangan, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli. Medis karena akan menyebabkan terjadinya dehidrasi, Dan kekurangan gizi pada ibu dan janinnya.

1. Mual-Mual

Utama alasan anda kehilangan nafsu makan selama awal kehamilan anda adalah mual. Perasaan mual juga mengurangi keinganan untuk makan. Mual dan muntah sering disebut sebagai “morning sickness”, Karena biasnaya terjadi di pagi hari, meski beberapa ibu hamil terus memiliki perasaan ini sepanjang hari dan malam. Dokter kangungn menagatakan bahwa gejala-gejala yang normal juga biasnaya di mulai pada minggu keenam kehamilan dan akhir pada minggu kedua belas. Tetapi juga untuk beberpaa ibu hamil ini bisa berlangusng selama periode kehamilannya. Jika muntah parah dapat juga menyebabkan dehidrasi, dan dapat jika berkepanjangan dapat menyebabkan. Kekurangan gizi yang tidak akan baik baik untuk tubuh ibu maupun bayi.

2. Hormonal Perubahan

Pada masa selama kehamilan tubuh menyesuaikan kehadiran janin di dalam rahim untukmendukung dari pertumbuhan dan berkembangnya bayi. Progesteron, merupakan hormon wanita yang dapat meningkatkan penebalan dinding rahim, sehingga memerlukan adaptasi untuk mengakomodasi bayi. Namun, salah satu efek sampung dari peningkatan progesteron adalah perlambatan bawah dair sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan penuruan nafsu makannya.

Nafsu Makan Semakin Berkurang Saat Kehamilan

3. Sembelit

Ada banyak wanita mengalami konstipasi selama kehamilan, Hal ini disebabkan oleh pningktaan kadar progesteron dan dengan asupan zat besi tambahan yang di berikan oleh dokter kadungan untuk ibu hamil. Jika Anda sembelit Anda mungkin mengeluarkan tinja keras atau mengalami kesulitan buang asir besar. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya napsu makannya. Sembelit juga dapat melamnjitkan ke bagian akhir kehamilan ketika bayi dalam rahim membesar menekan pada perut, membuat sulit buklang air besar. Hal ini dapat membuat Anda merasa kenyang. Sehingga menghambat napsu dalam makan.

3. Tumbuh Bayi

Wnita juga mengalami kehilangan nafsu makan selama tahap akhir kehamilan. Saat bayi Anda tumbuh, rahim Anda menekan pada perut, membuat Anda merasa kurang lapar. Anda juga mungkin merasa lebih kenyang, sehingga membuat anda kehilangan nafsu makan. Perasaan kenyang yang seringkali anda rasakan padahal kebutuhan nutrisi untuk bayi dan kesehatan anda belum tercukupi, sehingga tetap mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil sangat disarankan.

Nafsu Makan Semakin Berkurang Saat Kehamilan

5. Ketegangan

Sebab kehilangan nafsu makan lainnya adalah disebabkan oleh stres pada setiap tahap kehamilan selain itu kelelahan yang seringkali dialami oleh ibu hamil dapat memicu kehilangan nafsu makan pada usia kehamilan muda. Inilah yang menyebabkan ibu hamil kehilangan nafsu makan karena ketegangan yang dialami selama kehamilan.

Sumber : VipPelangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *